R8MING (baca: ruming) adalah program liputan Redaksi Ruangrasa.id dengan penulis tentang 8 pertanyaan seputar proses kreatif dalam melahirkan karya. R8ming #1 kali ini, Redaksi Ruangrasa.id berkesempatan untuk mewawancarai seorang penulis dari Medan, Nadya Salsabila. Berikut hasil wawancara kami.

Pertanyaan 1:
Sejak kapan Anda mulai menulis dan serius dalam dunia kepenulisan?

Jawaban:
Saya suka menulis sejak masih duduk di bangku SD, lalu timbul niat ingin serius dalam dunia kepenulisan saat duduk di bangku SMK. Dari situlah saya mulai mengembangkan bakat menulis saya lebih luas lagi.

Pertanyaan 2:
Apa tema tulisan yang Anda sukai dan menjadi karakter sejak awal menulis?

Jawaban:
Tema tulisan yang saya sukai adalah romance, life, family, dan Islamic. Karakter sejak awal menulis itu saya lebih suka menulis atau merangkai cerita dengan tema Romance.

Pertanyaan 3:
Dari mana sumber inspirasi terbesar Anda dalam menulis?

Jawaban:
Sumber inspirasi menulis, biasanya saya dapatkan dari pengalaman, baik itu pengalaman diri sendiri maupun orang lain.

Pertanyaan 4:
Prinsip apa yang Anda pegang kuat dalam hal berkarya?

Jawaban:
Jangan berhenti berkarya, meski banyak orang yang menjatuhkanmu. Tetap semangat meraih impianmu.

Pertanyaan 5:
Siapa saja tokoh favorit/rujukan/panutan yang sangat berpengaruh dalam dunia tulis-menulis Anda? (di dalam maupun di luar negeri)

Jawaban:
Imam Al-Ghazali, Umar bin Khattab, Albert Einstein, Pramoedya Ananta Toer, Sapardi Djoko Damono, Fiersa Besari, Merry Riana, Asma Nadia, Boy Candra, dan Rintik Sedu.

Pertanyaan 6:
Buku apa saja yang paling berpengaruh dalam proses Anda berkarya?

Jawaban:

1. Pramoedya Ananta Toer - Bumi Manusia
2. Tere Liye - Tentang Kita
3. Sapardi Djoko Damono - Yang Fana Adalah Waktu
4. Merry Riana - Dream It, Plan It, Achieve It
5. Asma Nadia - Dokter Yang Dirindukan
6. Boy Candra - Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi
7. Rintik Sedu - Geez and Ann
8. Fiersa Besari - Catatan Juang
9. Febrialdi R - Gitanjali
10. Syahiid Muhammad - Paradigma & Egosentris

Pertanyaan 7:
Jelaskan singkat saja proses Anda menulis sebuah buku!

Jawaban:
Awal mula saya menciptakan sebuah karya tulis berupa buku terbit, itu saat saya masih duduk di bangku SMK. Saya mengerjakan naskah tersebut pada masa UNBK. Saya memiliki schedule, bahwa setiap hari harus menulis minimal 2 karya tulis. Itulah cara yang saya buat hingga naskah saya selesai, dan diterbitkan oleh penerbit.

Pertanyaan 8:
Pesan utama apa yang ingin disampaikan melalui tulisan?

Jawaban:
Jangan lupa berdoa.
Curahkan isi hatimu pada Pemilik Semesta.
Aku percaya kau bisa melewati ini semua.
Kau tidak lemah.
Kau hanya butuh penguat untuk bangkit dan melawan masalah.

___
Karya Nadya Salsabila

1. Antologi Puisi Ungkapan Cinta Untukmu - Penerbit Jejak Publisher
2. Antologi Puisi First Love - Penerbit Uwais
3. Antologi Cerpen dan Puisi The Miracle of Hijrah - Penerbit Ellunar Publisher
4. Antologi Puisi Maya - Penerbit Gorga
5. Antologi Puisi A Voice Piano - Penerbit Ellunar Publisher
6. Antologi Puisi dan Prosa The Inspiration of Life - Penerbit Pustaka Tunggal
7. Antologi Prosa Jangan Pernah Lelah Melangkah - Penerbit Khaira
8. Kumpulan Cerita dan Prosa Melangkah - Penerbit Azizah Publishing
9. Antologi Puisi dan Prosa Aksara Nadhri - Penerbit Azizah Publishing
10. Antologi Puisi Catatan Kepergian - Penerbit Mandala

Biodata Penulis

Nadya Salsabila, lahir di Medan pada 30 November. Nadya merupakan seorang perempuan tangguh yang mampu menjadi tulang punggung bagi adik-adiknya. Nadya bercita-cita menjadi seorang Dokter dan melalui hobinya ia juga berkeinginan menjadi seorang penulis yang mampu membuat para pembacanya hidup melalui tulisan penanya. Nadya meraih beberapa prestasi di bidang kepenulisan. Ia berhasil meraih beberapa sertifikat penghargaan lomba cipta puisi. Nadya mempunyai mimpi untuk bisa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain dan dapat menjadi sinar bagi dunia.

Penulis bisa dihubungi melalui:
Email: nadyasalsabila1130@gmail.com
Facebook: Nadya Salsabila
Instagram: @nadya_salsabila11

___
Diliput oleh: Mudhri